Jika Ayah Wafat, Nafkah Anak Menjadi Kewajiban Siapa? – Kebundinar.com – ANB

salah satu kewajiban seorang ayah adalah memberikan nafkah kepada anaknya, Al-Quran dan sunah telah menjelaskan bahwa Ayah wajib memberikan nafkah kepada anaknya karena sudah menjadi kewajibannya sebagai seorang ayah, sama halnya dengan pendapat para ulama bahwa seorang ayah wajib memberikan nafkah yang menjadi tanggungannya. jika seorang ayah wafat siapakah yang mempunyai kewajiban memberikan nafkah kepada anaknya?

jika seorang ayah wafat maka yang mempunyai kewajiban menafkahi anaknya adalah orang yang mendapatkan ashobah ketika Ayah meninggal, kakek atau oranng tua dari Ayah, jika tidak ada kakek maka pamanya atau saudara dari Ayah, jika tidak ada maka pamanya ayah (para lelaki yang berada di sekitarnya ). idealnya seperti itu.

imam Al-Marwadawi rahimahullah menjelaskan dalam kitabnya tentang nafkah :

“Termasuk yang wajib dinafkahi seseorang ( bagi anak ) adalah ayahnya, kakeknya dan seterusnya ke atas. serta anaknya, cucunya, dan seterusnya ke bawah ( bagi bapak )” ( Al-Inshaf fi Ma’rifati Ar-Rojih min Al-khilaf9/393).

Bila ayah wafat dan meninggalkan istri serta keluarga yang terdiri atas kakek dan saudara dari ayah yang wafat, maka yang bertanggung jawab atas nafkah anak ialah seluruh ahli waris yang ada.

BACA JUGA : batasan yang termasuk harta waris atau bukan jual beli emas syariah kebundinar.com-anb

agar tidak merepotkan ahli waris kita bisa memulai dengan menabung logam mulia untuk masa depan anak anak kita nanti, menabung logam mulia tidak perlu dengan gramasi yang besar, kita bisa memulai dengan gramasi yang kecil seperti 0,5 gram, 1gram, 2gram dan seterusnya, dengan menabung logam mulia kita bisa mengamankan nilai mata uang kita dari penurunan nilai mata uang / inflasi.

Kebundinar.com menerima jual dan beli emas sesuai kebutuhan Anda. Menerima penjualan dengan harga terbaik dan menjual dengan harga yang terjangkau. Kebun dinar melayani jual beli emas dengan sesuai syariat Islam,Kebundinar.com melayani transaksi jual beli di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( JABODETABEK ) serta bisa melayani pembelian dari luar kota dengan metode akad wakalah.

Untuk informasi lebih lanjut dan lengkap Anda bisa menghubungi Admin kami pada nomor WhatsApp yang tertera di laman tabel harga website kami.

Kebundinar.com

harga jual emas hari ini, harga emas antam, beli emas di depok, beli emas di jakarta, harga emas batangan, harga emas hari ini, jual emas batagan, jual emas tanpa surat, jual emas dengan harga tinggi, jual emas tanpa pajak, beli emas tanpa npwp.

Referensi :

Ammi nur baits. bagaimana nafkahnya anak yang di tinggal mati bapaknya?. Reels Instagram Ustadz Ammi Nur Baits[https://www.instagram.com/reel/CwXqYGlqcCj/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==] . tanggal akses : 24 Oktober 2023

source :fin.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *