Harga Emas Semakin Meroket?? Emaskan Segera Tabunganmu

 

Logam mulia atau emas adalah instrumen penting untuk menjaga nilai aset kita. Seperti mata uang yg lambat tahun akan menurun, logam mulia justru semakin naik. Kalaupun turun nilainya tidak akan signifikan.

gambar 1.1

Bagi Anda yang memiliki tujuan jangka menengah atau panjang, seperti untuk tabungan anak sekolah atau membeli rumah, investasi emas kuncinya. Maka tidak heran emas menjadi primadona bagi semua orang karena dapat untuk investasi maupun dipakai.

Tahun ini emas mengalami kenaikan cukup siginifikan. Pada akhir tahun 2023 tercatat harga emas di angka 1.130.000, namun hanya dalam beberapa bulan, tepatnya 29 Mei ini harga emas sudah mencapai 1.338.000. Kenaikan yang sangat tinggi bukan? Tapi tahukah Anda penyebab harga emas bisa naik? Simak penjelasan singkat berikut ini.

 

Baca Juga : Jual Beli Buyback Emas Antam, Koin Dinar Terdekat Di Jakarta, Siap Jemput

 

Ketidakpastian Kondisi Global

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenaikan harga emas adalah ketidakpastian kondisi global. Berbagai situasi yang terjadi di sekitar kita seperti ekonomi, politik, resesi, krisis dan perang menjadi pemicu kenaikan harga emas. Mengapa demikian? Karena dalam situasi itulah emas dianggap sebagai penyelamat dan sebab itulah harga emas bisa meroket.

Tak hanya itu, situasi perang dagang antar negara besar di dunia internasional juga menjadi penyebabnya. Investor global yang merasa kondisi ekonomi dunia sedang tidak stabil berbondong-bondong untuk berinvestasi aset aman (safe haven). Ada tiga alasan emas menjadi pilihan terbaik ketika kondisi ekonomi tidak menentu.

Pertama, nilai emas tetap terjaga meski terjadi inflasi atau deflasi. Kedua, nilai emas tetap terjaga meskipun sedang dalam kondisi krisis ekonomi atau perang. Ketiga, permintaan emas di pasaran tidak berkurang seiring keterbatasan emas yang tersedia. Maka dari situlah pamor emas melejit dikala kondisi global yang tidak menentu.

gambar 1.2

Penawaran dan Permintaan Emas 

Dari zaman dahulu sampai sekarang emas tidak kehilangan peminatnya. Mulai dari kalangan wanita yang bisa digunakan untuk perhiasan maupun dari kalangan tertentu yang digunakan untuk investasi. Hukum supply demand berlaku juga pada logam mulia, maka dari itu semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi harganya. Namun ketika permintaan kurang, harganya tidak akan terperosok jatuh.

 

Baca Juga : Batasan Yang Termasuk Harta Waris atau Bukan

 

Kebijakan Moneter

Harga emas juga sangat tergantung dari kebijakan moneter yang diambil bank sentral Amerika Serikat (Federal System atau secara informal disebut The Fed). Kebijakan moneter yang dimaksud adalah kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga. Kalau The Fed menurunkan suku bunga, emas berpotensi naik harganya. Sebab dolar menjadi gak menarik sebagai pilihan investasi dan orang-orang cenderung menempatkan uangnya dalam bentuk emas.

 

Inflasi

Inflasi adalah kondisi dimana mata uang menurun. Dalam kondisi tersebut uang kita yang ada dalam tabungan bank akan ikut terpengaruh. Hal tersebut yang membuat banyak orang lebih memilih emas karena lebih stabil dibandingkan mata uang.

 

gambar 1.3

Nilai Tukar Dollar Amerika Serikat

Harga emas dalam negeri mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dolar Amerika Serikat (AS) ke dalam mata uang rupiah. Dengan demikian harga emas sangat dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Jika nilai rupiah terhadap dollar AS melemah, maka harga emas naik. Namun jika sebaliknya maka harga emas akan turun juga.

 

Jadi bagaimana? sudahkah Anda tertarik untuk berinvestasi emas untuk mengamankan aset Anda di masa mendatang?

Jika Anda tertarik dapat menghubungi kami Kebundinar.com yang siap melayani pembelian atau penjual logam mulia dengan HARGA TERBAIK. Kami ada store di Cikini Gold Center Jakarta (0857-1174-6752) dan ITC Depok (0857-4153-9488). Melayani cod untuk wilayah Jabodetabek dengan ongkir terjangkau. Transaksi secara syariah yadan bi yadin, Insya Allah berkahh…

 

Sumber :

  1.  https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10520
  2. gambar unggulan : https://images.app.goo.gl/taSm6SwkeXWLN8Bt9
  3. gambar 1.1 : https://images.app.goo.gl/trmkRZ95WqSvuHxB7
  4. gambar 1.2 : https://images.app.goo.gl/j9iw2jH5VUzx6sxY7
  5. gambar 1.3 : https://images.app.goo.gl/wivnFdfu5tndxTy29

 

 

Jual beli emas, Harga emas hari ini, Jual beli Antam, Buyback Antam, Jual beli emas Antam, Harga emas, Antam hari ini, Harga jual emas Antam hari ini, Harga beli emas Antam hari ini, Butik Antam terdekat, Harga emas Antam, Jual beli emas Jabodetabek, Jual beli emas Jakarta, Harga emas meroket, Harga emas melambung tinggi, Emas naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *